Jenis-jenis Penelitian
1. Berbagai jenis penelitian dapat digunakan di bidang bisnis/ekonomi, baik yang bersifat akademik, profesional, maupun institusional.
Penelitian akademik, adalah penelitian yang dilakukan oleh para masiswa baik untuk skripsi, thesis, maupun disertasi. Penelitian ini lebih mementingkan validitas internal (caranya harus betul), variabelnya terbatas, kecanggihan analisis disesuaikan dengan jenjang pendidikan.
2. Penelitian profesional , Penelitian yang dilakukan oleh para dosen atau peneliti lainnya. Tujuannya adalah untuk mendapatkan pengetahuan yang baru. Kecanggihan analisis yang digunakan disesuaikan dengan kepentingannya. Validitas internal, maupun validitas eksternal (hasilnya berguna untuk pengembangan ilmu) sangat diperhatikan.
3. Penelitian Institusional,Penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang dapat digunakan untuk pengembangan lembaga. Hasil penelitian sangat bermanfaat bagi pimpinan, atau manajer, untuk pengambilan keputusan. Kecanggihan analisis disesuaikan dengan pengambilan keputusan yang akan dilakukan, dan lebih menekankan pada validitas eksternal.

Jenis-jenis Penelitian
I. Penelitian Menurut Tujuan
Penelitian ini dapat dibagi menjadi 2 yaitu :
· Penelitian terapan (applied research): penelitian yang diarahkan untuk mendapatkan informasi guna memecahkan masalah yang dihadapi oleh suatu organisasi
· Penelitian murni/dasar (basic research): penelitian yg ditujukan untuk memahami secara mendalam tanpa ingin atau tanpa didasari oleh keinginan untuk menerapkan hasil penelitian tersebut pada bidang ttt.


II. Penelitian Menurut Metode
1) penelitian survai,
· Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sejumlah sampel tertentu dari populasi, dimana hasil penelitiannya umumnya digunakan untuk membuat generalisasi terhadap populasinya.
· Pada penelitian survai ini, jumlah variabel yang diteliti relatif terbatas, namun jumlah sampelnya relatif banyak.

2) penelitian ex post facto,
· Penelitian yang dilakukan pada peristiwa yang telah terjadi.
· Kemudian dengan meneliti akibat diarahkan untuk mencari sebab-sebab kenapa peristiwa tersebut terjadi.
· Jadi pada penelitian ini peneliti meneliti akibat untuk mencari sebab. Pada penelitian ini tetap ada rumusan jika X, maka y, tetapi X dan Y dapat terjadi bersama-sama, atau X lebih dahulu atau Y lebih dahulu

3) penelitian eksperimen
· Penelitian yang berusaha mencari pengaruh variabel tertentu (independent variable) terhadap variabel lain (dependent variable).
· Kegiatan ini dilakukan dengan membuat perlakuan/treatment pada variabel pengaruh/bebas untuk melihat pengaruhnya pada variabel tergantung.
· Pada penelitian ini ada 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen yaitu kelompok yang diberikan perlakuan, dan kelompok kontrol yaitu kelompok yang tidak diberikan perlakuan, dibiarkan apa adanya

4) penelitian naturalistik,
· Penelitian ini sering disebut kualitatif yang digunakan untuk meneliti kondisi obyek alamiah, dimana peneliti sebagai instrumen kunci.
· Pada penelitian ini lebih menekankan makna, dan bukan untuk membuat generalisasi. Sebagai lawan/ kebalikan dari penelitian ini adalah penelitian eksperimen.

5) penelitian policy research
· Penelitian yang dilakukan terhadap masalah-masalah sosial yang mendasar, sehingga hasil temuannya dapat direkomendasikan pada pembuat kebijakan untuk mengatasi masalah yg terjadi.
· Penelitian seperti ini sangat relevan bagi para perencana. Misalnya: untuk mendapatkan sistem penggajian yang lebih adil, menentukan jenis barang yang perlu diproduksi dan sebagainya
6) penelitian action research,
· Penelitian yang bertujuan untuk mencari metode kerja yang paling efisien, sehingga biaya produksi dapat ditekan, dan produkti vitas lembaga/organisasi dapat ditingkat kan.
· Penelitian ini melibatkan para karyawan dan peneliti untuk mengkaji bersama-sama tentang kebaikan atau kelemahan dari suatu metode atau cara sehingga diperoleh metode/cara yang paling baik/efisien.
· Metode yang didapatkan dari riset tersebut kemudian dicobakan/diaplikasikan, terus diperbaiki sampai diperoleh metode yang paling baik
 
Top